Aku Insan Cita Dengan Ribuan Grilya


Oleh : Muhammad salman alfaruqi

Tiada kekecewaan yang tertanam, tanpa didasari harapan yang mendalam.

Kecewa adalah sifat alaminya para insan cita, ketika suatu impian, keinginan atau citanya tak kunjung sampai. Yah begitulah hidup, tak selamanya berjalan sesuai alur yang diinginkan, kadang kala hidup memilih jalur ceritanya sendiri yang jauh dari angan dan cita, bahkan juga sering semua itu kontradiktif dengan pinta kita.

Jika sudah demikian, putus asa adalah hal utama yang diambil mayoritas mereka. Kesal, hampa yang berujung prustasi bukanlah berita sakral lagi dikalangan kita. Tapi mereka yang sanggup mengengkol ulang semangatlah yang menjadi angker belakangan ini.

Permasalahan semacam ini juga banyak disinggung para cendikiawan’’ tradisional hingga modern, salah satunya seperti yang penulis kutip dari tulisan fiersa besari

 “kecewa adalah konsekuensi, bahagia hanyalah bonus.” 

Kutipan singkat ini bila kita cermati mengandung makna yang cukup untuk mengobati segala kegundahan dan frustasi dari seluruh insan cita yang gagal mencapai pulau yang diharapkan. Ketika kita berpegang teguh pada kutipan diatas, maka tidak akan muncul rasa kecewa yang berlebih. Karena dari awal memulai perjuangan, kita sudah mengetahui bahwa konsekuensi pertama harus di terima adalah kecewa.

Ketika kita bercermin dari sudut pandang islam, islam menyajikan konsep tawakkal kepada pemelukanya. Singkat penulis, 

"tawakkal adalah menyandarkan segala urusan kepada pemilik urusan selepas memaksimalkan usaha."

Konsep tawakkal ini juga ampuh untuk meredam frustasi akibat kegagalan dalam bercita. Segala sesuatu ada, karena ada yang mengadakannya. Maka sandarakanlah segala urusanmu pada pemiliknya. Karena pemiliklah yang lebih tau waktu dan tempat terbaik urusanmu diselesaikan.  Berusahalah semaksimal mungkin, sandingkan juga dengan tawakkal, niscaya kan kau tuai yang kau inginkan.

Alarm pagi kembali berdering

Ku terdiam seperti berakting

Antara berdiri dan terus berbaring

Ingin bergeming takut terbanting

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tiga Huruf Penuh Makna (HMI)

Maaf Tuhan Aku Sedang Ngampus

lekas sembuh bumiku aku merindukan salah satu wargamu